Kamis, 29 Oktober 2009

Tugas Analisa Website Worldbestwebsite


1. Accesibility
Pada website ini sangatlah mendukung prinsip accesibility karena website tersebut menerapkan kemudahan acces,sehingga user dapat dengan mudah menggunakan website tersebut walaupun user yang awam  pengetahuannya tentang komputer dapat dengan mudah menggunakan website tersebut.
2. Aesthetically Pleasing
Untuk website ini sangatlah menerapkan prinsip Aesthetically Pleasing karena web ini didesain dengan cara grouping untuk menu-menunya sehingga para user dapat dengan mudah menggunakan web tersebut,contoh  grouping pada website ini yaitu pada menu pilihan link yang disediakan oleh oleh web ini yang terletak pada sisi sebalah kiri dan kanan yang menderet menurun. Selain itu pula desain web ini sangatlah cocok dalam perpaduan warnanya sehingga para user tidak merasa terlalu jenuh saat bekerja dalam waktu lama menggunakan web ini.
3. Availability
Website ini juga sangatlah mendukung prinsip Availability karena web ini selalu menunjukan semua menu yang dapat diakses pada satu tampilan (Dalam Waktu Yang Bersamaan) sehingga user dapat dengan mudah melihat dan menggunakan menu-menu yang tersedia tanpa harus mengklik/membuka homepage baru.
4. Clarity
Untuk prinsip ini, web ini sangatlah mendukungnya,karena website ini menggunakan teks dan sedikit gambar untuk visualnya. Dan untuk tampilan visual web ini sangatlah simple namun padat artinya tampilan pada web ini itu mempunyai fungsi-fungsi tersendiri dan fungsi tersebut merupakan fungsi induk yang mengandung beberapa sub fungsi dan jika kita mengkliknya maka akan membawa kita ke alamat yang ingin kita tau.
5. Compatibility
Website ini sangatlah kompatibel karena sangat user friendly sehingga google dapat dengan mudah digunakan oleh banyak kalangan user,oleh sebab itu google dapat bekerja sesuai apa yang kita inginkan secara maksimal (Namun Masih Dalam Konteks Fitur Yang Disediakan).
6. Configurability 
Worldbestwebsites disusun dengan sederhana agar memudahkan user untuk memakainya. Sehingga para user tidak rumit dalam mengaksesnya dan nyaman dalam penggunaanya.
7.consistency
Worldbestwebsites tidak menanamkan prinsip ini karena link di website ini kurang familiar di kalangan user. Maksud dari website ini kurang bisa dimengerti,karena kurang familiarnya dan cara penggunannya.
8.control
Worldbestwebsites tidak menggunakan prinsip control karena di  design ini. Bahasa yang digunakan di website ini juga susah di mengerti oleh user dan terlalu bertele-tele.
9.Directness
Worldbestwebsites tidak menggunakan pripsip directness,karena user tidak menyediakan alternatif secara langsung dan nyata dalam menyelesaikan masalah user.
10.Efficiency
Worldbestwebsites tidak mengunakan prinsip efficiency pergerakan mata dan tangan user pada sistem tersebut dapat membingungkan user dalam pemakaian website ini. Sistem tersebut juga tidak dapat mengantisipasi apa yang user ingginkan .
11. Familiarility
Worldbestwebsites merupakan website yang cukup familiar,tampilan yang digunakan dalam web tersebut menggunakan desain yang simple dan antara link-linknya itu hampir identik dan juga pengguaan bahasa dalm web tersebut sangatlah mudah untuk dimengerti oleh banyak user maka dengan itu membuat web tersebut menjadi familiar.
12. flexibility
Worldbestwebsites merupakan web yang tidak flexible karena web tersebut tidak dapat memenuhi setiap perbedaan berdasarkan kemampuan, kebiasaan, pengalaman dan kondisi yang dialami user.maka dari itu website Worldbestwebsites tidak memenuhi prinsip flexibility.
13. Forgiveness 
Untuk prinsip yang satu ini Worldbestwebsites tidak menerapkannya karena kesalahan user tidak dihiraukan,jadi membuat website tersebut tidak memenuhi prinsip forgiveness.
14. ImmersionWorldbestwebsites mengunakan prinsip Immersion,karena ketika user bekerja atau membuka website tersebut merasakan nyaman dan tidak cepat lelah,selain itu dengan tampilannya yang simple membuat website tersebut mudah digunakan.
15. Obviousness 
Prinsip Obviousness juga diterapkan oleh website Worldbestwebsites,karena tampilannya membuat user mudah mempelajari bagaimana menggunakan web tersebut
 16. Operability
Prinsip ini diterapkan oleh website tersebut dari segi pengoperasiannya. Sebab, dalam pengoperasiannya website dapat dioperasikan/diakses semua orang tanpa terkecuali. Sistemnya yang sederhana memungkinkan semua pengguna dapat mengakses situs ini dimana dan dalam situasi apapun.
17. Perceptibility
Worldbestwebsite juga menerapkan prinsip yang ke-17 dalam prinsip UID yaitu perceptibility. Website tersebut dapat membuat user lebih cepat tanggap terhadap sistem design tanpa memperhatikan kemampuan seseorang. Dengan design yang sederhana, memungkinkan user untuk lebih komunikatif dan produktif dalam berinteraksi dengan website tersebut.
18. Predictability
Predictability adalah salah satu dari banyak prinsip yang diterapkan oleh world best websites. Hal tersebut karena screen elements yang menunjang user untuk dengan mudah memahami fungsionalitas dalam website tersebut ketika user mengalami suatu kendala ataupun membutuhkan clue/petunjuk. Website tersebut juga dipenuhi dengan kebutuhan akan informasi yang lengkap dan tidak membuat user merasa kehilangan arah dalam berinteraksi.
19. RecoverySistem website ini pun mendukung dalam prinsip recovery dimana user dapat dengan mudah mengantisipasi segala kesalahan yang sengaja maupun tidak dengan statement point yang diberikan oleh sistem. User dapat dengan mudah menangani pekerjaan yang dilakukan dan tidak terkesan kehilangan petunjuk begitu saja.
20. Responsiveness
World best website menerapkan prinsip Responsiveness yaitu dengan merespon setiap  permintaan dari user. Sistem juga memberikan feed back untuk setiap aksi yang diberikan oleh user berupa alert statement.
21. Safety
Ditinjau dari segi Menu yang ditampilkan, prinsip ini diterapkan oleh worldbestwebsite.com karena menyediakan menu-menu yang dapat meminimalisir kesalahan penggunanya. Informasi-informasi yang disediakan worldbestwebsite.com dikelompokkan dalam berbagai menu sesuai dengan jenisnya. Contohnya, pengguna ingin mencari sesuatu yang berhubungan dengan Film, maka pennguna hanya perluh mengklik menu Movies tanpa harus terganggu oleh hal-hal lalen yang tidak berhungan dengan apa yang pengguna inginkan.
22. Simplicity
Ditinjau dari segi tampilan, prinsip ini tidak diterapkan worldbestwebsite.com karena, tampilan web ini disertai denggan hal-hal yang secara tidak langsung tidak berhubungan dengan isi website itu sendiri. Contohnya, contents worldbestwebsite.com hanya setengah halaman saja sedangkan samping kiri-kanan web ini dipenuhi iklan-iklan yang bagi pengguna awam sangat mengganggu karena seolah-olah web tersebut terlihat penuh dan susah untuk mencari apa yang mereka inginkan.
23. Transparency 
Worldbestwebsite.com menggunakan prinsip ini sebab penggunanya hanya mengakses websitenya saja tanpa harus terganggu dengan proses/cara pengaksesan web tersebut. Pengguna hanya melihat isi websitenya tanpa harus melihat bagaimana isi web itu dibuat.
24. Trade-Offs
Prinsip ini juga diterapkan worldbestwebsite.com, karena lebih mementingkan kebutuhan pengguna dengan menampilkan isi website sesuai dengan pengelompokkannya.
25. Visibility
Prinsip ini tidak diterapkan worldbestwebsite.com, karena content web ini tidak terlihat jelas akibat banyaknya content-content lain disamping isi web itu sendiri yang dapat menyebabkan pengguna kesulitan mengindentifikasi isi web itu sendiri. hal tersebut dapat membingungkan pengguna, terlebih jika mereka adalah pengguna awam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar